Laman

Sabtu, 16 Juli 2016

Makalah Kebudayaan Nusa Tenggara Timur

BAB I
PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang
 Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang penuh budaya dan kaya akan keberagaman. Nusa Tenggara Timur merupakan  salah  satu  provinsi yang berada dibagian  tenggara Indonesia. Nusa Tenggara timur merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari diantaranya flores, timor, sumba. Nusa Tenggara Timur kaya akan ragam budaya baik bahasa maupun suku bangsanya   ini memiliki  beragam suku dan budaya, bahasa lokal, tarian  rakyat, bahasa daerah, senjata tradisional, suku.

B.        Rumusan Masalah
Adapun rumuan masalah dalam makalah ini adalah:
1.      Bagaimana sejarah provinsi Nusa Tenggara Timur?
2.      Apa saja bahasa yang ada di Nusa Tenggara Timur?
3.      Apa saja suku yang ada di Nusa Tenggara Timur?
4.      Apa saja budaya yang ada di masyarakat Nusa Tenggara Timur?
5.      Apa saja agama yang dianut oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur?
6.      Apa saja tarian daerah dan senjata tradisional dari Nusa Tenggara Timur?

C.       Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan dalam makalah ini adalah:
1.      Mengetahui sejarah provinsi Nusa Tenggara Timur.
2.      mengetahui bahasa yang ada di Nusa Tenggara Timur.
3.      Menyebutkan suku yang ada di Nusa Tenggara Timur.
4.      Menyebutkan budaya yang ada di masyarakat Nusa Tenggara Timur.
5.      mengetahui agama yang dianut oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur.
6.      mengetahui tarian daerah dan senjata tradisional dari Nusa Tenggara Timur.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Sejarah Provinsi  Nusa Tenggara Timur ( NTT)
Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di tenggara Indonesia. Ibukotanya terletak di Kupang, Timor Barat.  Nusa Tenggara Timur meliputi bekas daerah pulau Flores, Sumba dan Timor dan Kepulauannya. Hasil terakhir diketahui bahwa Nusa Tenggara Timur hingga saat ini memiliki 566 buah pulau yang tersebar diantara 3 (tiga) buah pulau besar yaitu Flores, Sumba dan Timor yang biasa disapa "Flobamor" Demikian sejarahnya singkat terbentuknya Propinsi Nusa TenggaraTimur.

B.     Jumlah Bahasa Daerah di Nusa Tenggara Timur
                    Jumlah bahasa yang dimiliki cukup banyak dan  tersebar  pada pulau-pulau yang ada                        yaitu:

                 Pengguna Bahasa di Nusa Tenggara Timur

                 a)    Timor, rote, Sabu, dan pulau-pulau kecil disekitarnya: Bahasanya menggunakan bahasa                  Kupang, Melayu Kupang, Dawan Amarasi, Helong Rote, Sabu, Tetun, Bural.



               b)    Alor dan pulau-pulau disekitar nya: Bahasanya menggunakan Tewo kedebang, Blagar,                  Lamuan Abui, Adeng, Katola, Taangla, Pui, Kolana, Kui, Pura Kang Samila, Kule, Aluru,                   Kayu kaileso



              c)    Flores dan  pulau-pulau disekitar nya: Bahasanya menggunakan  melayu, Laratuka,                          Lamaholot, Kedang, Krawe, Palue, Sikka, lio, Lio Ende, Naga Keo, Ngada, Ramba, Ruteng,                 Manggarai, bajo, komodo.
     
               d)   Sumba dan pualu-ulau kecil disekitarnya: Bahasanya menggunakan  Kambera, Wewewa,                 Anakalang, Lamboya, Mamboro,  Wanokaka, Loli, Kodi.

C.    Jumlah Suku /Etnis di Nusa Tenggara Timur
Penduduk asli NTT terdiri dari berbagai suku yang mendiami daerah-daerah yang tersebar Diseluruh wilayah NTT, sebagai berikut:
                a)    Helong: Sebagian wilayah Kabupaten Kupang (Kec.Kupang Tengah dan Kupang Barat                   serta Semau)



               b)   Dawan: Sebagian wilayah  Kupang (Kec. Amarasi, Amfoang, Kupang Timur, Kupang                    Tengah, Kab timor Tengah selatan, Timor Tengah Utara, Belu ( bagian perbatasan dengan                    TTU)



                 c)    Tetun: Sebagian besar Kab. Belu dan wilayah Negara Timor Leste



                 d)   Kemak: Sebagian kecil Kab. Belu dan wilayah Negara Timor Leste



                 e)    Marae: Sebagian kecil Kab. Belu bagian utara dekat dengan perbatasan dengan  Negara                    Timor Leste



                  f)    Rote: Sebagian besar pulau rote dan  sepanjang pantai utara Kab Kupang dan pulau                           Semau



                  g)   Sabu / Rae Havu: Pulau Sabu dan Raijua serta beberapa daerah di Sumba



                   h)   Sumba: Pulau Sumba



                   i)     Manggarai Riung: Pulau Flores bagian barat terutama Kan Manggarai dan Manggarai                      Barat



                    j)     Ngada: Sebagian besar Kab Ngada



                    k)   Ende Lio: Kabupaten Ende



                    l)     Sikka-Krowe Muhang: Kabupaten Sikka



               m)  Lamaholor: Kabupaten Flores Timur meliputi Pulau Adonara, Pulau Solor dan  sebagian                 Pulau Lomblen



                 n)   Kedang: Ujung Timur Pulau Lomblen



                 o)   Labala: Ujung selatan Pulau Lomblen



p)   Pulau Alor: Pulau Alor dan pulau Pantar.
Selain suku-suku diatas, Nusa Tenggara Timur juga dihuni oleh suku-suku pendatang yaitu orang-orang keturunan Cina, Arab, Bugis, Makasar, Buton, Bajo dan Jawa serta beberapa suku lainnya. Kebudayaan yang mempengaruhi kebudayaan Nusa Tenggara Timur berasal dari beberapa suku maupun bangsa, diantaranya yang pernah mempengaruhi kebudayaan NTT adalah Cina, Jawa, Bugis, Makasar, Ambon/Maluku, Portugis dan Belanda.

D.    Budaya yang ada di Nusa Tenggara Timur
Di bawah ini terdapat beberapa budaya yang ada pada daerah Nusa Tenggara Timur:
a)        BUDAYA FLORES TIMUR
                             Flotim merupakan wilayah kepulauan dengan luas 3079,23 km2, berbatasan                                dengan kabupaten Alor di timur, kabupaten Sikka di barat utara dengan laut Flores dan                        selatan, laut Sawu.

                           Orang yang berasal dari Flores Timur sering disebut orang Lamaholot, karena                             bahasa yang digunakan bahasa suku Lamaholot.
                          Konsep rumah adat orang Flotim selalu dianggap sebagai pusat kegiatan ritual suku.                     Rumah adat dijadikan tempat untuk menghormati Lera Wulan Tana Ekan (wujud tertinggi                   yang mengciptakan  danyang empunyabumi).
                       Pelapisan sosial masyarakat tergantung pada awal mula kedatangan penduduk pertama,                   karena itu dikenal adanya tuan tanah yang memutuskan segala sesuatu, membagi tanah                     kepada suku Mehen yang tiba kemudian, disusul suku Ketawo yang memperoleh hak tinggal                  dan mengolah tanah dari suku Mehen.

                      Suku Mehen mempertahankan eksistensinya yang dinilainya sebagai tuan tanah, jadilah                   mereka pendekar-pendekar perang, yang dibantu suku Ketawo.

                       Mata pencaharian orang Flotim/Lamaholot yang utama terlihat dalam ungkapan                               sebagai berikut:

                     Ola tugu,here happen, lLua watana,
                     Gere Kiwan, Pau kewa heka ana,
                     Geleka lewo gewayan, toran murin laran.

                           Artinya:Bekerja di ladang, Mengiris tuak, berkerang (mencari siput dilaut), berkarya                     di gunung, melayani/memberi hidup keluarga (istri dan anak-anak) mengabdi kepada                           pertiwi/tanah air, menerima tamu asing. 



b)        BUDAYA  SIKKA
Sikka berbatasan sebelah utara dengan laut Flores, sebelah selatan dengan Laut Sabu, dan sebelah timur dengan kabupaten Flores Timur, bagian barat dengan kabupaten Ende. Luas wilayah kabupaten Sikka 1731,9 km2.
Ibu kota Sikka ialah Maumere yang terletak menghadap ke pantai utara, laut Flores. Konon nama Sikka berasal dari nama suatu tempat dikawasan Indocina. Sikka dan dari sinilah kemungkinan bermula orang berimigrasi kewilayah nusantara menuju ke timur dan menetap disebuah desa pantai selatan yakni Sikka. Nama ini Kemudian menjadi pemukiman pertama penduduk asli Sikka di kecamatan Lela sekarang. Turunan ini bakal menjadi tuan tanah di wilayah ini.
Pelapisan sosial dari masyarakat Sikka. Lapisan atas disebut sebagai Ine Gete Ama Gahar yang terdiri para raja dan bangsawan. Tanda umum pelapisan itu di zaman dahulu ialah memiliki warisan pemerintahan tradisional kemasyarakatan, di samping pemilikan harta warisa keluarga maupun nenek moyangnya. Lapisan kedua ialah Ata Rinung dengan ciri pelapisan melaksanakan fungsi bantuan terhadap para bangsawan dan melanjutkan semua amanat terhadap masyarakat biasa/orang kebanyakan umumnya yang dikenal sebagai lapisan ketiga yakni Mepu atau Maha.
Secara umum masyarakat kabupaten Sikka terinci atas beberapa nama suku; (1) ata Sikka, (2) ata Krowe, (3) ata Tana ai, desamping itu dikenal juga suku-suku pendatang yaitu: (4) ata Goan, (5) ata Lua, (6) ata Lio, (7) ata Ende, (8) ata Sina, (9) ata Sabu/Rote, (10) ata Bura.
Mata pencaharian masyarakat Sikka umumnya pertanian. Adapun kelender pertanian sbb: Bulan Wulan Waran - More Duru (Okt-Nov) yaitu bulan untuk membersihkan kebun, menanam, menyusul di bulan Bleke Gete-Bleke Doi - Kowo (Januari, Pebuari, Maret) masa untuk menyiangi kebun (padi dan jagung) serta memetik, dalam bulan Balu Goit - Balu Epan - Blepo (April s/d Juni) masa untuk memetik dan menanam palawija /kacang-kacangan. Sedangkan pada akhir kelender kerja pertanian yaitu bulan Pupun Porun Blebe Oin Ali-Ilin (Agustus - September).

c)        BUDAYA ENDE
Batas-batas wilayahnya yang membentang dari pantai utara ke selatan itu adalah dibagian timur dengan kabupaten Sikka, bagian barat dengan kabupaten Ngada, utara dengan laut Flores, selatan dengan laut Sabu. Luas kabupaten Ende 2046,6 km2, iklim daerah  ini pada umumnya tropis dengan curah hujan rata-rata 6096 mm/tahun dengan rata rata jumlah hari hujan terbanyak pada bulan November s/d Januari.
Daerah yang paling terbanyak mendapat hujan adalah wilayah tengah seperti kawasan gunung Kalimutu, Detusoko, Welamosa yang berkisar antara 1700 mm s/d 4000 mm/tahun.
Nama Ende sendiri konon ada yang menyebutkannya sebagai Endeh, Nusa Ende, atau dalam literatur kuno menyebut Inde atau Ynde. Ada dugaan yang kuat bahwa nama itu mungkin sekali diberikan sekitar abad ke 14 pada waktu orang-orang maleyu memperdagangkan tenunan besar nan mahal yakni Tjindai sejenis sarung patola dalam pelayaran perdagangan mereka ke Ende.
Ende/Lio sering disebut dalam satu kesatuan nama yang tidak dapat dipisahkan. Meskipun demikian sikap ego dalam menyebutkan diri sendiri seperti : Jao Ata Ende atau Aku ata Lio dapat menunjukan sebenarnya ada batas-batas yang jelas antara ciri khas kedua sebutan itu.
Meskipun secara administrasi masyarakat yang disebut Ende/Lio bermukim dalam batas yang jelas seperti tersebut di atas tetapi dalam kenyataan wilayah kebudayaan (tereitorial kultur) nampaknya lebih luas Lio dari pada Ende.
Pola pemukiman masyarakat baik di Ende maupun Lio umumnya pada mula dari keluarga batih/inti baba (bapak), ine (mama) dan ana (anak-anak) kemudian diperluas sesudah menikah maka anak laki-laki tetap bermukim di rumah induk ataupun sekitar rumah induk. Rumah sendiri umumnya secara tradisional terbuat dari bambu beratap daun rumbia maupun alang-alang.
Lapisan bangsawan masyarakat Lio disebut Mosalaki ria bewa, lapisan bansawan menengah disebut Mosalaki puu dan Tuke sani untuk masyarakat biasa. Sedangkan masyarakat Ende bangsawan disebut Ata NggaE, turunan raja Ata Nggae Mere, lapisan menegah disebut Ata Hoo dan budak dati Ata Hoo disebut Hoo Tai Manu.

d)       BUDAYA NGADA
Ngada merupakan kabupaten yang terletak diantara kabupaten Ende (di timur) dan Manggarai (di barat). Bajawa ibu kotanya terletak di atas bukit kira-kira 1000 meter di atas permukaan laut. Masyarakat ini dikenal empat kesatuan adat (kelompok etnis) yang memiliki berbagai tanda-tanda kesatuan yang berbeda.
Kesatuan adat tersebut adalah : (1) Nagekeo, (2) Ngada, (3) Riung, (4) Soa. Masing-masing kesatuan adat mempertahankan ciri kekrabatannya dengan mendukung semacam tanda kesatuan mereka.
Arti keluarga kekrabatan dalam masyarakat Ngada umumnya selain terdekat dalam bentuk keluarga inti Sao maka keluarga yang lebih luas satu simbol dalam pemersatu
(satu Peo, satu Ngadhu, dan Bagha). Ikatan nama membawa hak-hak dan kewajiban tertentu. Contoh setiap anggota kekrabatan dari kesatuan adat istiadat harus taat kepada kepala suku, terutama atas tanah. Setiap masyarakat pendukung mempunyai sebuah rumah pokok (rumah adat) dengan seorang yang mengepalai bagian pangkal Ngadhu ulu Sao Saka puu.
Rumah tradisional disebut juga Sao, bahan rumah terbuat seperti di Ende/Lio (dinding atap, dan lantai /panggungnya). Secara tradisional rumah adat ditandai dengan Weti (ukiran). Ukiran terdiri dari tingkatan-tingkatan misalnya Keka, Sao Keka, Sao Lipi Wisu, Sao Dawu Ngongo, Sao Weti Sagere, Sao Rika Rapo, Sao Lia Roda.
Pelapisan sosial teratas disebut Ata Gae, lapisan menengah disebut Gae Kisa, dan pelapisan terbawah disebut Ata Hoo. Sumber lain menyebutkan pelapisan sosial biasa dibagi atas tiga, Gae (bangsawan), Gae Kisa = kuju, dan golongan rendah (budak). Ada pula yang membagi atas empat strata, Gae (bangsawan pertama), Pati (bangsawan kedua) Baja (bangsawan ketiga), dan Bheku (bangsawan keempat).
Para istri dari setiap pelapisan terutama pelapisan atas dan menengah disebut saja Inegae/Finegae dengan tugas utama menjadi kepala rumah yang memutuskan segala sesuatu di rumah mulai pemasukan dan pengeluaran.
Masyarakat Nagekeo pendukung kebudayaan Paruwitu (kebudayaan berburu), masyarakat Soa pendukung Reba (kebudayaan tahun baru, pesta panen), Pendukung kebudayaan bertani dalam arti yang lebih luas ialah Ngadhu/Peo, terjadi pada sebagian kesatuan adat Nagekeo, Riung, Soa dan Ngada.

e)        BUDAYA  MANGGARAI
Manggarai terletak di ujung barat pulau Flores, berbatasan sebelah timur dengan kabupaten Ngada, barat dengan Sealat sapepulau Sumbawa/kabupaten Bima, utara dengan laut Flores dan selatan dengan laut Sabu. Luas wilayah 7136,14 km2, wilayah ini dapat dikatakan paling subur di NTT. Areal pertanian amat luas dan subur, perkebunan kopi yang membentang disebahagian wilayahnya, curah hujan yang tinggi yaitu dalam setahun mencapai 27,574 mm, sepertiga dari jumlah itu (lebih dari 7000mm) turun pada bulan Januari. Ibu kota Manggarai terletak kira-kira 1200 meter di atas permukaan laut, di bawa kaki gunung Pocoranaka.
Pembentukan keluarga batih terdiri dari bapak, mama dan anak-anak yang disebut Cak Kilo. Perluasan Cak Kilo membentuk klen kecil Kilo, kemudian klen sedang Panga dan klen besar Wau.
Beberapa istilah yang dikenal dalam sistim kekrabatan antara lain Wae Tua (turunan dari kakak), Wae Koe (turunan dari adik), Ana Rona (turunan keluarga mama), Ana Wina (turunan keluarga saudara perempuan), Amang (saudara lelaki mama), Inang (saudara perempuan bapak), Ema Koe (adik dari bapak), Ema Tua (kakak dari bapak), Ende Koe (adik dari mama), Ende Tua (kakak dari mama), Ema (bapak), Ende (mama), Kae (kakak), Ase (adik), Nana (saudara lelaki), dan Enu (saudara wanita atau istri).
Strata masyarakat Manggarai terdiri atas 3 golongan, kelas pertama disebut Kraeng (Raja/bangsawan), kelas kedua Gelarang ( kelas menengah), dan golongan ketiga Lengge (rakyat jelata).
Raja mempunyai kekuasaan yang absolut, upeti yang tidak dapat dibayar oleh rakyat diharuskan bekerja rodi. Kaum Gelarang bertugas memungut upeti dari Lengge (rakyat jelata). Kaum Gelarang ini merupakan penjaga tanah raja dan sebagai kaum penyambung lidah antara golongan Kraeng dengan Lengge. Status Lengge adalah status yang selalu terancam. Kelompok ini harus selalu bayar pajak, pekerja rodi, dan berkemungkinan besar menjadi hamba sahaya yang sewaktu-waktu dapat dibawah ke Bima dan sangat kecil sekali dapat kembali melihat tempat kelahirannya.

E.     Agama yang di anut oleh masyarakat Nusa TenggaraTimur
Propinsi Nusa Tenggara Timur didominir oleh Agama Kristen (Katholik dan Protestan) dan sebagian Agama Islam. Perkembangan Agama Katholik di sebarkan oleh Bangsa Portugis dan Agama Kristen Protestan di sebarkan oleh Bangsa Belanda. Penyebaran Agama Islam masuk ke Nusa Tenggara Timur melalui pedagang dari Ternate menyebarkan Agama Islam melalui kabupaten Alor. Untuk wilayah Sumba melalui Nusa Tenggara Barat dan dari Pulau Flores melalui Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat. Sedangkan untuk Agama Hindu dan Budha penyebarannya melalui pendatang yang melaksanakan tugas di Nusa Tenggara Timur.

F.     Tarian daerah dan Senjata tradisional dai Nusa Tenggara Timur
·       Tarian daerah Nusa Tenggara Timur yaitu:
a.    Tari Perang, tari yang menunjukkan sifat sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. Senjata yag dipakai berupa cambuk dan perisai.

b.   Tari Gareng Lameng, dipertunjukkan pada upacara Khinatan. Tari ini berupa upacan selamat serta mohon berkat kepada Tuhan agar yang dikhinat sehat lahir dan batin dan suksesdalam hidupnya.

c.    Tari Lendo Nusa Malole, berarti tarian ini dari negeri yang indah. Tari garapan yang menggunakan iringan musik sasando ini merupakan tari penyambut tamu yang memanfaatkan gerak gerak tari tertentu agar massa ikut dalam kegembiraan.
·       Senjata Tradisional Daerah Nusa Tenggara Timur yaitu:
Senjata yang umumnya dipakai oleh penduduk NTT adalah Sundu atau Sudu, semacam keris. Penduduk menganggapnya sebagai senjata tikam yang keramat. Senjata lainnya adalah Saweo, Pisau, Kampak, Parang, dan Senapan Tumbuk.

BAB III
PENUTUP

A.       Kesimpulan
Provinsi Nusa Tenggara Timur  merupakan salah satu provinsi yang multikultural. Itu sudah terbukti dengan banyak nya jenis suku yang ada pada daerah ini, dan juga di daerah ini terdapat berbagai budaya, barbagai bahasa. Pada kenyataannya juga hubungan kemasyarakatan di Propinsi Nusa Tenggara Timur masih sangat kental (kekerabatan dan nilai-nilai kehidupan) sehingga kegotong-royongan merupakan landasan pijak dalam mengembangkan pola kehidupan setiap hari.

B.       Saran
Dengan adanya pendidikan multikultural semoga warga Indonesia semakin memahami kebudayaan yang kita miliki. Guru sebagai fasilisator harus membantu murid untuk mencapai tingkat pemahamannya. Pada sekolah dasar sampai perguruan tinggi saat ini seharusnya diadakan pembelajaran yang berbasis budaya agar budaya milik negara kita tidak punah atau di klaim oleh bangsa lain.

                                 Daftar Pustaka









2 komentar:

  1. JackpotCity Casino - Mapyro
    The 경산 출장마사지 JackpotCity Casino has 2,324 경주 출장마사지 slot 통영 출장안마 machines. Check your luck in the Jackpot City 인천광역 출장샵 Casino games and see 의왕 출장샵 which ones are the most popular.

    BalasHapus